Wednesday, September 16, 2020

Cara Membuat Tongkat Sihir ala Wicca

 


 

Sedikit mengenai sejarah tongkat sihir

Sejak dahulu kala, tongkat sudah digunakan oleh berbagai macam budaya dan kultur mulai dari pemujaan okultis sampai suku asli pedalaman sekalipun. Dulu Dukun (Shaman) dan Pendeta (Pandita) bertanggung jawab atas perayaan ritual-ritual mistik ataupun perayaan spiritual untuk memuja-muji dewa dewi mereka, dan tongkat ialah elemen yang wajib digunakan saat perayaan ritual berlangsung.
Sisa-sisa penggunaan tongkat sihir dalam perayaan ritual dapat anda temukan diberbagai belahan dunia terutama Indo-Eropa atau Kepulauan Amerika Utara. Para Shaman juga banyak menggunakan tongkat sihir untuk merapal mantra, membuat upacara doa, penyembuhan, menarik cinta, proteksi dan banyak lainnya.

Fungsi Utama

Fungsi utama dari sebuah tongkat sihir ialah men'direct' atau menyalurkan energi pada diri anda ke alam semesta dan menjadi fokus pada satu titik, sehingga energi itu dapat digunakan sesuai kondisi atau ritual yang telah ditentukan, karena fungsi utama inilah maka tongkat sihir yang baik ialah yang memiliki bahan alami, seperti; kayu, batu mineral ataupun logam mulia. Tongkat sihir juga bisa disebut sebagai simbol dari falus itu sebabnya tongkat sihir identik dengan energi maskulin, terlebih lagi apabila bahan utamanya terbuat dari kayu, sehingga ketika bergesekan dengan energi, kayu akan menghasilkan panas api. Api = Energi Maskulin.

Secara Tradisional, Tongkat sihir para Wiccan terbuat dari Kayu. Namun sejak era Neo-Wicca, kita dapat melihat bahwa orang-orang mulai mengganti bahan kayu menjadi bahan perpaduan antara Kristal dan Logam. Dan karena terbuat dari bahan yang berbeda, hal ini membuat cara ritual merekapun menjadi berbeda dengan yang menggunakan tongkat kayu begitu juga dengan tujuan yang ingin mereka capai.

Tongkat (Sihir) Kristal memiliki variasi yang sangat berbeda-beda, bahan gemstone ataupun bahan logam yang digunakannya pun disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai oleh si pembuat.

Cara Mendapatkan atau Membuat Tongkat Sihir

Dalam berbagai aliran Keilmuan Sihir dianjurkan apabila kita ingin menciptakan sesuatu akan sangat bagus apabila itu dibuat menggunakan tangan kita sendiri, karena dengan begitu kamu dapat merasakan atau mengerti sendiri energi dari benda yang kamu buat, tidak terkecuali ketika ingin membuat tongkat sihir ataupun benda mistik lainnya.

Langkah pertama untuk membuat tongkat sihir ialah memilih jenis kayu. Kayu yang diambil diharuskan melalui pohon yang energinya anda ketahui, anda dapat mengetahui energi dari pohon tersebut dengan cara melihat sejarah pohon itu sendiri ataupun lingkungan disekitarnya. Akan lebih baik lagi apabila pohon itu adalah jenis pohon yang sering digunakan kayunya untuk membuat Tongkat Sihir.

Setelah anda menemukan pohon yang tepat, anda harus mencari kayu yang berbentuk tongkat (jadi tidak bisa dalam bentuk kayu besar lalu anda ukir atau potong jadi tongkat). Tongkat ini harus dalam keadaan lembab, tidak kering dan tidak juga basah. Sebelum anda mengambil kayu tongkat ini, diharapkan memohon ijin terlebih dahulu dengan pohon tersebut (karena anda akan mengambil bagian dari 'tubuh' pohon ini) cara anda mengambil kayu tongkat ini akan menentukan energi dari tongkat sihir anda nantinya. Bila anda tidak yakin, anda bisa memberikan 'offering' sebagai gantinya.

Tradisi kuno banyak yang mengatakan bahwa untuk mengukur panjang tongkat sihir adalah jarak antara ujung jari tengah sampai ke sikut dari si penggunanya, jadi artinya panjang tongkat sihir setiap Shaman itu pasti akan berbeda-beda. Apabila anda ingin memiliki tongkat sihir, amat disarankan untuk membuatnya dari  awal sendiri.

Setiap shaman memiliki alat ini dengan bentuk variasi yang berbeda-beda, sehingga energi individu dari tongkat inipun berbeda-beda berdasarkan energi dari sipemegang tongkat. Banyak orang yang terobsesi hanya mau menciptakan tongkat ini apabila ia sudah menemukan kayu atau bahan-bahan yang tepat. Entah karena dari segi energi mereka masih menunggu untuk mendapatkan yang cocok, ataupun dari bentuk tongkat itu sendiri. Dikarenakan ikatan pribadi inilah maka tongkat sihir hanya bisa digunakan secara maksimal oleh pembuatnya.

Dekorasi Model Tongkat

Untuk dekorasi ini sih tergantung taste atau selera masing-masing orang, ada yang mereka suka meng'amplas' tongkatnya dulu sampai halus lalu di pernis (sehingga bisa tahan lama), atau ada juga yang menambahkan bulu angsa hitam ataupun gemstone. Semua tergantung elemen atau energi apa yang ingin anda masukan kedalamnya. Dan ingat, banyak shaman yang memiliki tongkat sihir lebih dari satu, setiap tongkat mereka memiliki karakteristik energi yang berbeda-beda sehingga penggunaannya pun khusus dan berbeda-beda.


Beberapa Tips:

- Penentuan jenis kayu sangatlah penting, hati-hati dalam memilih. Gunakan intuisi anda dalam memilih, karena setiap pohon memiliki energi yang berbeda. Pastikan bahwa energi dari pohon tersebut tidak bersinggungan dengan energi anda. Terkadang sebuah pohon energinya bisa cocok dengan si A belum tentu cocok dengan si B

- Disaat awal-awal penggunaan tongkat sihir, energi tongkat ini harus beradaptasi dulu dengan energi anda. Karena energi dari tongkat inilah yang akan menghantarkan energi dari anda ke alam semesta, sehingga tongkat sihir anda adalah alat yang menjadi sangat pribadi (ciptakan juga koneksi antara energi anda dengan tongkat ini)

- Anda bisa memiliki tongkat sihir yang berbeda-beda untuk setiap tujuan anda, itu semua tergantung dari anda sendiri. Hal utama yang perlu anda pikirkan hanyalah koneksi energi antara anda dengan masing-masing tongkat tersebut

No comments:

Post a Comment